Jumat, 24 Maret 2017

Beli domain dot id RumahWeb

Melihat salah satu posting di salah satu forum publisher ternama di Indonesia, menggugah rasa ketertarikan saya lagi terhadap Blogger. Sudah lama sekali saya tidak nge blog di Blogger, Kangen sekali rasanya menulis dan otak-atik settingan, tema dan widget.

beli domain dot id


1. Penasaran Adalah Awal Segalanya


Terdorong rasa penasaran dan keinginan untuk bisa menulis, saya memutuskan untuk kembali nge-blog lagi. Saya sudah memikirkan bagaimana kelak blog ini akan ditampilkan. Saya memilih tema yang disediakan dari rifki.id yang menurut saya luar biasa templatenya. Terima kasih mahatemplate saya setting dan ubah sedikit agar template menjadi lebih stabil dan hasilnya saya mendapatkan skor di GTMetrix dengan Speed 85% dan Yslow 85%. Luar Biasa bukan? Saya sangat suka tampilan yang minimalis namun dengan memperhatikan estetika dan warna yang lembut.

Setelah memutuskan memilih tema yang sesuai saya terbesit untuk membeli domain di salah satu penyedia domain luar negeri, sebut saja NameCheap. Nama blog merupakan hal paling sulit yang saya alami. Nama blog harus gampang diucapkan, gampang diingat, dan gampang untuk ditulis. Saya menghindari nama dengan "Keyword On Domain (KOD)" menurut saya nama blog dengan "Keyword On Domain (KOD)" terkesan seperti blog yang tidak berkualitas walaupun mungkin di SERP mendapat nilai yang baik. Saya menggunakan nama adik saya (Safira) sebagai bagian dari domain blog ini. Nama safira mengacu pada nama Safir yang berarti batu mulia kemudian saya terjemahkan dalam bahasa inggris menjadi Sapphire, karena ini merupakan blog yang menceritakan catatan kehidupan saya tambahkan kata life sebagai nama depan domain. lifesapphire itu adalah awal kisah ini dimulai.


2. Teliti Sebelum Membeli


Ketika saya membeli domain di nc.me saya menggunakan email .edu saya agar mendapat harga yang murah namun sialnya, saya terlalu pelit mengeluarkan uang sehingga yag saya dapat hanya ekstensi domain .me saja. Dengan wajah penuh pengharapan saya kembali untuk membeli domain ekstensi .co namun tidak bisa karena harus satu paket dengan .me.
Keesokan harinya saya mampir ke penyedia domain Indonesia. Pandi.or.id. Saya terpikir untuk membeli domain .id karena masih dalam masa promosi. Di website Pandi saya diarahkan ke penyedia web hosting, ada berbagai macam situs dengan harga dan pelayanan yang berbeda. Pilihan saya jatuh pada Rumahweb.co.id. Saya senang dengan layanan dan support dari Rumahweb. Saya pesan jam 23.00 masih dilayani dengan baik, namun ada masalah yaitu validasi pembayaran dari PayPal mengalami keterlambatan. Bila melalui transfer saya diharuskan membayar Rp. 55.000 dengan tambahan PPN Rp.5.500 menjadi Rp. 60.500, namun dengan Paypal saya mendapat harga $5,06.

3. Setiap Masalah Ada Solusinya


Setelah pagi berikutnya berlalu saya siap setting blogger saya dengan domain yang saya pilih yaitu ekstensi .id. Bangga dong punya domain asli Indonesia. Sekaligus saya dukung gerakan domain id biar menjadi salah satu ccTLD yang terbanyak dan terbesar. saya memilih nama yang sama di Rumahweb dengan eksensi .id menjadi lifesapphire.id. Setelah semuanya selesai saya tinggal mengganti settingan DNS di Rumahweb, dan saya dipermudah dengan adanya setting blogspot instan jadi saya hanya menambahkan satu record CNAME. Saya harus menunggu sekitar 5 menit agar domain terdeteksi di blogger, tidak instan seperti di NameCheap. Setelah semua siap ada satu masalah lagi yang menghadang langkah saya yaitu saya tidak bisa redirect lifesapphire.id ke www.lifesapphire.id tentu ini akan berpengaruh karena rata-rata orang jarang menulis www di browser bar. Usut punya usut ini bukan kesalahan DNS namun ini kesalahan dari browser chrome. Saya cari solusinya dengan Flush DNS melalui CMD kemudian saya Clear Cookie menggunakan CCleaner dan restart Laptop kesayangan saya, dan Tralala saya berhasil mengatasi masalah tersebut.

Pada Akhirnya


Cari tema sudah, atur widget sudah, beli domain di Rumahweb sudah. Langkah saya selanjutnya adalah membuat halaman statis yang terdiri dari Privacy Policy, Contact, dan Disclaimer. Blog saya sudah menjadi standar blog yang baik dan benar. Dengan ekstensi domain .id yang mengikutinya menambah spesial blog yang saya buat. Bahagia rasanya saya dapat mencurahkan segala pengalaman, kisah hidup, tips dan trik yang berguna bagi kelangsungan umat manusia.

Sebagai penutup saya ingin sampaikan dengan ini saya berniat ngeblog dan membagikan segala yang saya tahu sebagai komitmen mamajukan dunia blogging Indonesia dan menjadi sarana belajar menulis secara sistematis. Terima Kasih

Author Profile

About hendyka dz

Saya adalah lulusan Universitas Diponegoro. Mencoba menulis apa yang terbesik di dalam hati.

0 Komentar Beli domain dot id RumahWeb

Posting Komentar

Back To Top