Kamis, 25 Mei 2017

Pengalaman Tes Bank Indonesia Jalur Staff

Setelah saya mengikuti beberapa tes dari perusahaan-perusahaan besar, saya tertarik untuk menullis pengalaman tes Bank Indonesia jalur staff. Seleksi Bank Indonesia jalur staff memiliki beberapa posisi yang berbeda dan memiliki persyaratan yang berbeda di setiap posisi. Jabatan yang dapat dilamar antara lain :

pengalaman tes bank indonesia


1. Operational and Admin Staff (Pelaksana Junior)
2. Junior IT Staff (Pelaksana IT Junior)
3. Junior Cashier (Kasir Junior)
4. Security Supervisor (Pengawas Keamanan)
5. Electronic Security System Supervisor (Pengawas Electronic Security System)
6. Security Planning and Command Center Staff (Staff Command Center dan Perencanaan Pengamanan)

Pada tahap pertama, peserta diharuskan mendaftar melalui situs PPM-Reksel Bank Indonesia dengan persayaratan seperti upload foto untuk laki-laki background biru, upload KTP, upload Ijazah dan Transkrip Nilai. Peserta akan diseleksi dan diumukan lima hari setelah penutupan registrasi. Pada awal pendaftaran kadang mengalami kendala yaitu email verifikasi telat terkirim sehingga saya harus mengulang verifikasi. Pengumuman seleksi saati itu tanggal 15 Mei 2017 jam 9 malam. Pengumuman tidak lewat email namun harus login ke website PPM-Reksel Bank Indonesia. Alhamdulillah tahap administrasi lolos namun jadwal dan waktu test keluar tanggal 17 Mei 2017.

1. Tahap Tes Tertulis


Tahap kedua yaitu tes tertulis. Tahapan yang paling menantang menurut saya, tes berlangsung selama sekitar 8 jam. Tes kali ini termasuk tes paling lengkap yang pernah saya ikuti dan berlangsung selama satu hari. Pada seleksi kali ini saya mendapat jadwal hari Sabtu tanggal 20 Mei 2017 jam 07.30 WIB bertempat di STEKOM Semarang di Jalan Majapahit. Tempat tes yang saya gunakan dulu waktu mendaftar lewat jalur PCPM yang akhirnya gagal di tahap kedua 😢. Test kali ini terdiri dari beberapa sub yaitu sebagai berikut : 

A. Tes EPPS. 
Tes ini terdiri dari 200 soal dengan pilihan jawaban yang paling sesuai menurut pribadi masing-masing. Contoh soalnya :
a. saya pekerja keras
b. saya senang akan hal-hal yang baru
Tips menjawab soal ini adalah jawab dengan jujur dan konsisten. Jawab juga dengan cepat dan tepat ya.

B. Tes Potensi Akademik
Terdiri dari Tes Bangun Ruang, Tes Logika Matematika, Tes Penarikan Kesimpulan, Test Matematika Dasar, Tes Deret Angka.Tes ini memiliki tingkat kesulitan yang tidak begitu sulit namun butuh ketelitian dan kecepatan dalam menjawab. Khusus dalam tes hitung matematika banyak soal yang tidak saya jawab 😅

C. Warteg tes, menggambar pohon, dan menggambar manusia
Pada awalnya kita disuruh untuk melengkapi gambar-gambar yang belum lengkap kemudian setelah selesai kita beri label mana yang paling sulit, paling mudah, paling disukai, dan paling tidak disukai.
Lanjut kemudian menggambar pohon berkambrium dan diberi nama dilanjutkan dengan tes menggambar manusia kemudian di lembar terakhir kita menjelaskan tentang orang yang digambar dan menjelaskan kelebihan dan kelemahan kita.

D. Tes Kebanksentralan
Tes ini jumlahnya sekitar 45 soal terdiri dari pilihan ganda. Jawaban tes ini sebenarnya ada di website Bank Indonesia. Kita tinggal mempelajari saja materi yang tersedia termasuk pelajari Undang-Undang Bank Indonesia dan gambar uang baru ya. 😎
Untuk materi bank sentral dapat didownload melalui link berikut Materi Bank Sentral Lengkap.

E. Tes Pauli
Ini tes yang paling membuat saya pusing. test ini terdiri dari angka-angka yang nanti kita jumlahkan dari atas ke bawah. Saya tipe orang yang tidak cepat menghitung jadi saya menjawab hampir satu lembar saja kurang 2 atau 3 kolom. 😏 Beberapa teman ada yang menambah kertas pauli, betapa cepatnya mereka menghitung ya. Kalau saya terkendala masalah pegal dan lapar (belum sempat makan).

F. Comprehension Test
Ini adalah tipe tes esay. Jadi kita harus membaca dengan cepat dan teliti kemudian menjawabnya juga tidak terlalu panjang dengan jawaban yang menyelesaikan masalah. Contoh soalnya  :
Jika terjadi kebakaran di bioskop dan saya orang pertama yang mengetahui kejadian tersebut apa yang dilakukan?

G. Tes Bahasa Inggris
Seperti soal TOEFL namun saya agak kesulitan dalam bagian Grammar jadi pelajari grammar dan structure ya.
Itulah kurang lebih tes tahap kedua yaitu tes tertulis rekrutmen Bank Indonesia. Tes tersebut tidak saya urutkan namun kurang lebih mencakup semua tahapan di atas. Selama rekrutmen berlangsung kita diperbolehkan istirahat selama kurang lebih 30 menit untuk istirahat, Shalat. Istirhat sekitar jam 12.30 WIB dan masuk lagi jam 13.00 WIB. Selesai tes sekitar jam 15.00 WIB yang mana cukup menegangkan dan menantang. Pengumuman tahap selanjutnya yaitu wawancara psikologis yang akan dimumukan pada tanggal 29 Mei 2017 di website PPM-Rekrutmen Bank Indonesia.. 

Tahap Selanjutnya yaitu pelaksanaan wawancara psikolog,


2.  Wawancara psikolog

Wawancara psikologis kali ini berangsung maksimal 40 menit, namun rata-rata 30 menit sudah selesai. Wawancara psikologis sendiri memiliki beberapa batch, Alhamdulillah saya mendapat batch jam 10 pagi. Untuk prosedurnya nanti akan dipanggil masing-masing nama peserta dan akan masuk dalam barisan. Kemudian di dalam (saat itu di sebuah ruang di hotel grasia Semarang) psikolog sudah siap sekitar 30 meja. Masing-masing menempati urutan yang dipanggil saat masuk.

Materi wawancara sendiri secara garis besar mengenai pribadi diri sendiri. Artinya teman-teman harus tau tentang diri sendiri secara detail. Akan ada beberapa pertanyaan yang harus dijawab.
Saran saya jawab dengan jujur, jawab dengan lugas dan seseuai dengan diri sendiri. Jangan ! menjawab dengan mendramatisir atau berbohong. Rileks saja dan jangan lupa untuk menonjolkan kebaikan diri teman-teman. Saat sebelum wawancara psikologis saya sudah berlatih memperkenalkan diri di depan tembok dan merangkai kata-kata sehingga nanti kita tidak perlu lama untuk menjawab persoalan dari psikolog.

Tips :

1. Berlaku sopan
2. Tatap mata nya, jangan tengok2. Fokus saja ke psikolog
3. Jawab setiap pertanyaan dengan tepat dan lugas (jangan bertele-tele)
4. Jangan berbohong
5. Sebelum wawancara saya sarankan untuk merapikan penampilan terlebih dahulu.
6. Tunjukan minat dan keinginan teman-teman (semangat) walaupun masih puasa 😉
7. Saat selesai ucapkan "terima kasih...." dan jabat tangan nya jika memungkinkan.

3. Pelaksanaan tes Kesehatan dan Psikiatri 

Karena kesibukan menjelang dan pasca lebaran. Saya baru bisa menulis lagi hari ini. Pengumuman ternyata keluar lebih awal dari yang saya duga. Namun saya ternyata tidak lolos. Sedih juga tapi saya akan share untuk Materi Tes Kesehatan dan Psikiatrik Bank Indonesia.
Untuk yang belum lolos saya sarankan untuk bergabung di grup Telegram di @allaboutBI atau tautan t.me/allaboutBI

Untuk materi Psikiatrik saya dapatkan dari group di atas dapat di download bawah ini


Tes kesehatan perusahaan BUMN atau lembaga negara biasanya menyeluruh. Mulai dari tes fisik (termasuk tes alat kel*min dan an*s), tes mata, tekanan darah, tinggi dan berat badan, tes detak jantung, tes audio, tes darah dan urin, rotgen. 

Saran saya 
  • Jangan merokok
  • Minum air putih cukup
  • Banyak istirahat
  • Jaga pola makan
  • Olahraga teratur
  • Jangan pakai headset atau headphone terlalu lama
  • Bila perlu cek lab lebih dahulu. 
  • Dan banyak berdoa. 😉

Setelah tes kesehatan dan psikiatri kemudian wawancara akhir. Penulis akan update apabila telah menjalani tes tersebut.
Semoga bisa lolos semua tahapan dari seleksi ini dan bisa berbagi ilmu untuk pembaca semuanya. 😄 Aamiin
Author Profile

About hendyka dz

Saya adalah lulusan Universitas Diponegoro. Mencoba menulis apa yang terbesik di dalam hati.

0 Komentar Pengalaman Tes Bank Indonesia Jalur Staff

Posting Komentar

Back To Top